Tuesday, June 19, 2018

Bagaimana cara memilih jurusan?

BAGAIMANA CARA MEMILIH JURUSAN? 

setelah kalian para pelajar lulus dari Ujian Nasional, entah apakah kalian seorang pelajar Sekolah Dasar,Sekolah Menengah Pertama dan pelajar Sekolah Menengah Atas pasti akan mengalami masa - masa dimana kalian bingung karena akan dihadapi oleh suatu pilihan. salah satunya adalah memilih jurusan. 
apalagi desakan orangtua juga pasti membuatmu tertekan dengan pilihan tersebut tapi, jangan pusing dan bahkan bikin mood kalian hancur, banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk meyakinkan keinginan kalian. 
yuk kita simak! 

1. Bersikap tenang dan santai 

nah, sebenarnya semua bermula dari pikiran kita terlebih dahulu, ketika otakmu bersikap rileks, maka ide dan pemikiranmu pun ikut santai. 
kalian bisa melakukan ini dengan banyak cara salah satunya lebih dekatlah dengan pencipta-Mu. karena sesungguhnya seseorang yang sedang tidak tenang jika ia beribadah pasti hati dan pikirannya menjadi tenang. 

2. Analisis Kelebihan atau keunggulanmu

Setiap orang merupakan manusia yang unik karena memiliki kelebihan yang berbeda, untuk itu kamu harus terlebih dulu pahami keinginanmu, biasanya kelebihanmu dapat dilihat dengan sikapmu akan suatu hal. Ketika kamu menyukai suatu hal dan bisa membuat harimu menyenangkan yang awalnya membosankan, maka hal itu menunjukan bahwa itu adalah suatu kelebihanmu.
Bisa juga. dimana kamu bisa memainkan sesuatu atau melakukan sesuatu yang spektakuler atau yang bisa menarik minat orang banyak sehingga membuatmu banyak dipuji, itu juga bisa menjadi tanda bahwa hal itu menjadi kelebihanmu.
apabila kelebihanmu telah diketahui maka pilihlah jurusan sesuai dengan kelebihanmu.

3. Mantapkan kelebihanmu

Ketika kamu merasa bahwa kelebihanmu lebih dari satu. pilihlah salah satu kelebihanmu yang ingin kamu terus gali dan pikirkan juga prospek ke masa depanmu bagaimana, kamu boleh bermimpi setinggi langit namun kelak pilihanmu mengenai jurusan juga yang akan menuntunmu ke masa depan yang kamu impikan, maka dari itu tetaplah realistis dalam mengambil jurusan. 

4. Diskusi bersama orang tua dan keluarga 

Setelah kamu telah memantapkan hati, langkah selanjutnya adalah bertanya kembali dan berdiskusi kembali dengan orang tua,bagaimanapun saran dari keluarga dekat bisa sangat membantu. Namun apabila orang tua tidak setuju akan kelebihanmu yakinkan mereka dengan bahasa penyampaian yang baik dan sopan, apabila kamu tidak menggunakan bahasa yang baik ketika menyampaikan pendapat yang ada pasti orang tua akan semakin melarangmu. yakinilah mereka bahwa kamu akan berusaha keras dengan pilihan jurusan yang akan kamu ambil.

5. Bertanya dengan orang yang berpengalaman

langkah berikutnya, sebaiknya kamu mencari-cari informasi dari orang-orang yang telah berpengalaman di jurusan itu sebelumnya, karena siapa tau salah satu senior mu pernah mengalami kasus sepertimu dan tanyakan keberhasilannya. 
tidak hanya itu, kamu juga bisa berkonsltasi dengan guru - guru di sekolahmu ataupun teman sebayamu. yang terpenting carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan itu sehingga kamu dapat menyimpulkan sendiri dari informasi-informasi tersebut jurusan apa yang paling cocok untukmu. 

6. Berserah diri dan berdo'a

inilah jurus pamungkas dari segala usahamu. pada intinya semua pilihanmu memiliki takdir yang telah digariskan walau kamu sudah berusaha keras masuk ke jurusan yang kamu inginkan bila Tuhan tidak berkehendak berarti Tuhan memiliki rencana indah lainnya. 
maka dari itu, jika usaha telah kamu keluarkan tinggal berserah diri dan teruslah berdoa jurusan apa yang terbaik untuk dirimu. 

Nah, itulah langkah-langkah yang dapat kamu tempuh untuk menentukan jurusan apa yang akan kamu ambil demi masa depanmu. tetaplah semangat! 

#salamlangitmimpi

0 comments:

Post a Comment

 

dream, life planning and traveling Template by Ipietoon Cute Blog Design