Wednesday, June 20, 2018

Trik jitu lulus SNMPTN manajemen UNDIP!

Trik jitu lulus SNMPTN! 


hai guys,  sudah beberapa bulan dari  postingan gue yang terakhir mengenai seluk beluk kegiatan gue di SMA.  And,  now gakerasa gue udah lulus melewati masa masa indah SMA (katanya) dengan hati yang adem ayem tentram bahagia karena gaperlu lagi mikirin tes sana sini atau nyari info jalur belakang buat masuk kuliah.  Because.....  Yaps gue udah keterima SNMPTN 2018 3 bulan yang lalu. 

 Karena pengumuman snmptn waktu itu tanggal 17 april 2018 sampai sekarang tulisan ini gue muat tanggal 20 juni 2018 otomatis gue udah jadi pengangguran 2 bulan cuyyy dan masih akan nganggur hingga 2 bulan kedepan. Enak kan?  Enak donggg.. 

Nah gue gamau bahagia sendiri ceritanya,  gue  pengen share pengalaman gue ini buat dijadiin kiat jitu supaya lo lo pada yang mau lulus snmptn bisa tercapai.  
Ok let's go! 

1. Banyakin rajin  kurangin bolos kelas 1
     Nah,  banyakin rajin (bukan belajar)  beda nih dua kata ini,  kalau rajin bukan hanya belajar tapi lo mesti rajin ngumpulin tugas  jangan sampai lewatin batas deadline ngumpulin.  Kalau belajar si gue yakin lo lo pada cuman belajar waktu mau ujian bahkan engga sama sekali.  
Dan,  kurangin bolos awal awal masuk sma,  karena tahun pertama SMA ini waktu paling pass cucok mantep buat ngumpulin nilai dan segala hal tentang bidang akademik.  Jadi lebih baik lo udah nabung nilai akademik dari kelas 1.  Nakalnya nanti aja kelas 11 eh hehehe. 

2.  Deketin guru 
      Ini sih kata gue salah satu hal penting yang bisa jadi faktor penentu lo lulus atau engga.  Kenapa? Gini,  lo kan dapet nilai buat raport dari guru,  kalau guru lo suka dengan sikap lo yang deket sama dia otomatis dia bakal ngasih nilai plus buat lo diraport ini bukan hoax guys,  logikanya gini siswa sma itu ratusan gamungkin dong tu guru hapal semua tu murid, kalau tu guru hafal nama kita nilai yang biasanya guru kasih rata rata 80,  kemungkinan lo bakal dapet nilai plus 81 lah.  Tapi,  ngedeketin bukan berarti kita harus selalu bersikap sok manis dan sok imut ya.  Bersikap aja natural seperti kasih bantuan kalau lagi kesusahan,  bersikap santai dan jangan kaku dsb.  Jadi don't worry buat l9 lo yang udah kecap nakal sama guru guru asal jangan kurangajar sama guru.  

3.  Tingkat 2 seimbangkan antara akademik dengan ekskul 
      Menurut gue ini hal tersulit yang bisa gue lakuin.  Karena menurut gue sama penting keduanya. Kalau lo aktivis di sekolah jangan terlalu fokus sama kegiatan lo karena hal penting lo sekolah masih menunggu.  Ketika kelas 11 atau 2 SMA banyak yang beranggapan bahwa "nilai gue Turun nih"  GUE YAKIN BUKAN TURUN tapi temen lo yang meningkat.   Jadi menurut gue nilai lo dikelas 2 itu sebenarnya stabil tapi karena lo sibuk jadi aktivis itu jadi kesempatan buat temen temen lo yang kutu buku buat jauh naik diatas.  So,  ini hal yang wajar itu lihan lo untuk memilih menjadi aktivis atau kutu buku.  Tapi yang harus lo inget seimbangkan aktivitas lo dengan akademik.  Gak ada alasan lo belajar karena pulang malem abis acara ini itu.  Lo mampu tapi males.  Jadi hilangin tu sifat jelek banyak banyakin kegiatan positif yang bakal bermanfaat buat lo dikemudian hari.  

4. Nilai turun jangan anjlok
    Maksud gue disini,  nilai lo boleh turun tapi jangan sampai perbandingan nilai lo anjlok.   Maka dari itu gue ngomong banyakin nabung nilai dikelas satu, jadi dikelas dua kalau nilai lo turun,  lo gakan setress mondar mandir mikirin nilai lo yang grafiknya turun terus..  
Karena nilai yang wajar sebenarnya nilai yang naik turun.  
Misal kelas  1 nilai lo 80 kelas 2 nilai lo 79 kelas 3 nilai lo 83 itu wajar

5. Strategi jurusan
    JANGAN ASAL MILIH JANGAN SOK SOKAN JANGAN SOMBONG 
    Ini paling banyak dialamin sama anak anak yang gagal snmptn.  Kebanyakan dari mereka tidak memperhitungkan  hal ini. 
Karena setiap daerah memiliki batas kuota setiap jurusan dalam satu universitas.  Lo harus ati ati milih jurusan minimalisir kesamaan jurusan antar temen.  Karena temen lo satu sma bakal jadi  musuh lo.  
Pertama,  kepoin temen temenmu tentang jurusan dan univ yang bakal mereka pilih.  
Misal lo mau jurusan akuntansi UNPAD nah temen temen lo ada 10 orang yang mau ambil jurusan dan univ yang sama.  Kemungkinan dalam 1 SMA yang bakal lulus Akuntansi UNPAD paling banyak 2 orang kenapa?  Karena jurusan favorit 
Kalau udah gitu apa yang harus kalian lakukan?  Ada 2 cara 
Cara pertama,  kalau tetep pengen pilih jurusan yang sama cari universitas lain yang kemungkinan lo suka
Cara kedua,  tetep pertahanin kursi lo dijurusan dan univ tersebut dengan catatan nilai nilai lo harus lebih tinggi dari nilai nilai temen lo yang milih jurusan dan univ yang sama.  
Gue sendiri milih cara yang pertama,  karena menurut gue itu cara paling aman buat ngamanin kursi lo. 
Tapi kalau lo orang yang suka tantangan atau orang yang kepoan sah aja pilih cara yang kedua tapi dengan hati  yang udah mantap dan tidak menyesal.  

Nah itu dia tips tips dari gue buat kalian yang ngebet banget dapet bangku kuliah lewat SNMPTN. 
Bye the way  alhamdulilah gue keterima SNMPTN 2018 Jurusan manajemen universitas diponegoro. 😄


Pesan dari gue,  jangan lelah bermimpi namun tetap sandingkan dengan kenyataan sehingga kamu bisa menemukan titik tengah diantara keduanya.  💐

0 comments:

Post a Comment

 

dream, life planning and traveling Template by Ipietoon Cute Blog Design