Friday, March 2, 2018

APAKAH TEPAT FULLDAY SCHOOL di INDONESIA?


APAKAH TEPAT FULLDAY SCHOOL di INDONESIA ?

Sudah beberapa bulan kebelakang Fullday school sudah mulai dilaksanakan oleh berbagai Sekolah Menengah Atas di Indonesia dengan berbagai Pro dan Kontra yang menguak di kalangan masyarakat Indonesia itu sendiri entah siswa,orangtua bahkan guru tidak luput dari tanggapannya mengenai Fullday school di Indonesia.
Untuk memberikan informasi yang obektif dan tidak berpihak, maka saya akan memberikan informasi kelebihan dan kekurangan dari sistem Pendidikan ini. Benarkah keputusan Menteri Pendidikan Indonesia kita menerapkan sistem ini. apakah kelebihan dan kekurangan dari sistem ini? Akan kita simak berikut ini.

A.    KELEBIHAN
Tidak mungkin suatu negara menerapkan suatu sistem tanpa kelebihan dari sistem itu sendiri, begitu juga dengan Indonesia. Mengapa Indonesia memilih sistem ini? Inilah alasannya :
1.      Pertama, Fullday school mewadahi para murid untuk beraktivitas secara positif dan terkontrol, mengapa? Inilah yang diakibatkan oleh adanya Globalisasi, dengan tekanan hidup yang lebih berat dan beban ekonomi yang dipikul orangtua, banyak keluarga sulit bertahan hanya dengan mengandalkan penghasilan ayah sehingga seorang ibu yang seharusnya berada dirumah juga ikut bekerja, sehingga seorang anak yang seharusnya mendapatkan perhatian dari ibu dirumah terabaikan. Apabila situasi ini tidak diwadahi dan diatasi terjadilah kenakalan remaja yang saat ini telah menyebar bagai virus. Sehingga inilah fungsi pengawasan yang diusahakan pemerintah dalam mengatasi situasi ini.
2.      Kedua, belajar mengatur waktu. Para murid dituntut untuk berada disekolah dari pagi hari hingga sore hari dan pulang kembali kerumah dengan sisa waktu beristirahat yang cukup singkat. Hal ini mengajari para siswa untuk mengatur waktunya dengan seefektif mungkin dan membuat waktu para siswa menjadi lebih bermanfaat. Karena dengan waktu yang singkat para murid tidak mungkin memiliki waktu untuk melakukan kegiatan yang tidak berguna sehingga para murid pasti akan memikirkan cara terbaik untuk mengatur waktunya antara bersekolah dan berisitrahat.
3.      Ketiga, baik untuk murid maupun guru mendapatkan hari libur satu hari lebih cepat. Waktu sekolah dari sistem fulldayschool sendiri dari hari senin s/d jumat, sehingga pada hari sabtu tidak ada kegiatan belajar mengajar disekolah sehingga siswa dan murid mendapatkan waktu lebih untuk bersosialisasi dilingkungan luar sekolah.
Setelah menyimak kelebihan dari sistem fullday school, sekarang saya akan memaparkan kelemahan dari sistem ini. Silahkan disimak :

B.     KELEMAHAN
1.      Pertama, perasaan frustasi meningkat, disebabkan pada dasarnya manusia hanya memiliki tingkat konsentrasi penuh dalam rentang waktu pagi hari hingga siang hari. Namun dalam sistem ini murid dituntut untuk fokus dalam waktu hampir mendekati 12 jam penuh. Sehingga banyak murid yang sudah tidak mampu lagi untuk berkonsentrasi terhadap pelajaran dan mengantuk di kelas.
2.      Kedua, membentuk kepribadian Introvert. Disebabkan tidak adanya waktu untuk bersosialisasi ketika pulang kerumah lama-kelamaan membuat para murid malas untuk bersosialisasi dengan lingkungan diluar sekolah sehingga dikhawatirkan kondisi ini berlanjut menjadi kebiasaan anak untuk sulit bergaul dengan lingkungan luar.
3.      Ketiga, terhambatnnya kemampuan non akademis. Disebabkan fullday mengambil waktu yang seharusnya dilakukan untuk kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi. Hal ini membuat inovasi dan kreativitas siswa terhambat padahal kemampuan kepemimpinan dan berorganisasi sangat diperlukan dalam jenjang kehidupan setelah sekolah. Murid tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan akademisnya.

Nah, begitulah informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila informasi ini tidak sesuai dengan harapan pembaca. Terima kasih telah membaca.

0 comments:

Post a Comment

 

dream, life planning and traveling Template by Ipietoon Cute Blog Design